______ Let's ______

TRAVEL. DIVE. EAT. FLY. WRITE. 

_________ Because Everything is Awesome _________

 

 

 

February 5, 2015

4 Days in Maldives : on budget trip for Solo Traveller


Kenapa Maldives?
Ntah Gila ato freak, saya melakukan solo backpacking ke Maldives yang merupakan destinasi bulan madu yang terkenal di dunia. Ini perjalanan solo pertama saya yang penasaran rasanya jalan-jalan sendiri dan ternyata saya kebanyakan galaunya disana. Dimana-mana punya pasangan haha....Untuk destinasinya, kenapa saya pilih Maldives? Alasan yang sederhana yaitu tiket promo! Kebetulan Tigerairways, Satu-satunya LCC yg ke Maldives dari Singapore, memberikan harga promo ke Maldives yaitu seharga 2.3 juta PP. Menurut saya harga ini ok banget karena perjalanan kesana aja butuh 4.5 Jam!!

Sejak tahun 2009, Maldives sudah mulai membuka pintunya bagi para traveller yang non-resort. warga lokal sudah diperbolehkan membuka bisnis hotel/guesthouse terutama di male, hulhumale dan beberapa pulau kecil seperti mafushi.

Maldives pun salah satu negara fenomenal bagi saya. Negara yang penuh dengan umat muslim ini, Saya belajar betapa hebatnya bisnis pariwisata itu. Semua orang tahu kalau mayoritas pendapatan negara berasal dari pajak pariwisata dan beberapa dari expor ikan. Tak hanya itu saja ternyata GDP disini lebih besar daripada negara-negara Asia Selatan yang lain. Saya sempat berbincang-bincang dengan Raj, salah satu akuntan dari India yang bekerja di Maldives. Dia memilih bekerja di Maldives karena tentu saja benefit yang lebih besar. Adapun seorang Maldivian yang bekerja sebagai guide (Ini guide yang biasa-biasa aja yang kalo kemana-mana make kaos dan kapalnya pun cuma pong-pong) yang sempat memberitahu gajinya dan harga motornya yang langsung bikin saya bilang "WOW".

backpacking, hulhumale, Maldives, male, rufiyaa,
Larangan menggunakan Bikini
Maldives sendiri membagi regionalnya menjadi North & south atolls, Ari Atoll, Northern Atolls dan Southern Atolls. Setiap Atoll memiliki ratusan pulau-pulau kecil yang beberapanya sudah disulap menjadi resort-resort mewah. Semakin jauh dari peradaban semakin mahal bahkan untuk transportasi menuju resortnya pun bisa mencapai USD 500!!! Untuk perjalanan kali ini tentu saja no resort! derita turis kismin hehe.

Jalan Kemana aja
Saya ga bikin itenari sebenarnya soalnya males dan saya menyesal pada akhirnya. Gara-gara ini hari pertama saya terperangkap di Bandara karena ga tau cara keluar dari bandara. berikut beberapa pulau yang sempat saya jelajahi dan kalo mau liat foto2nya klik aja link di bawah

1. Male
2. Hulhumale
3. Viligili
4. Kuda Bandos

Ada juga destinasi lain yang katanya cocok untuk para backpacker yaitu mafushi island.

backpacking, hulhumale, Maldives, male, rufiyaa,
Sunrises
Mata uang : Rufiyaa atau USD
Ada dua mata uang yang diterima di negara ini yaitu US dolar dan Rufiyaa (mata uang maldives). Ada bagusnya sebagian uang kita tukarkan ke rufiyaa untuk membayar transportasi dan makan dikarenakan jika menggunakan USD maka nilai terkecilnya adalah 1 USD. 1 USD itu sekitar 15 rufiyaa. Misalkan kita mau membeli tiket ferry dengan USD, mereka akan membandrol harga tiket sebesar 1 USD padahal jika dibayar dengan rufiyaa hanya 5 Rufiyaa. Kita juga bisa menggunakan kombinasi dari keduanya misal membeli barang dengan rufiyaa + sedikit USD. Hati-hati jangan terlalu banyak menukar ke rufiyaa karena kalau sisa biasanya tidak bisa ditukar menjadi USD lagi.

Untuk penukaran uang USD ke rufiyaa tidak perlu repot. Hotel, toko dan atm menerima penukaran USD ke Rufiyaa. Money changer resmi cuma ada 1 yaitu di Bandara. Sempet mau nuker duit di money exchanger..eh....malah dia bilang tutup padahal loketnya terbuka lebar. ada juga pengalaman mau ambil duit di Atm dan gagal-gagal mulu haha. Jadi paling aman nuker di Hotel atau toko tapi JANGAN BANYAK2!!!

Transportasi 
Mayoritas transportasi umum di Maldives berupa kapal untuk antar pulau dan bis untuk dalam pulau. Sebenarnya kita bisa saja keliling pulau tanpa menggunakan bis dikarenakan luas pulau yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. Perlu diperhatikan kalau hari jumat itu hari libur dan transportasi antar pulau selain pulau utama (hulhumale, hulhule, male, viligili) tidak beroperasi. Jam Sholat jumatan pun semua kegiatan termasuk transportasi akan tutup sekitar 1-2 jam. http://www.mtcc.com.mv/ adalah situs resmi kementrian transportasi disana jadi kalo mau cari info tentang public ferry bisa diubek-ubek tuh situs.

backpacking, hulhumale, Maldives, male, rufiyaa,
Ferry terminal Hulhumale
Bagaimana cara keluar dari airport?
ini penting dan ini dia permasalahan utama di hari pertama. Bandara internasional di Maldives itu terletak di satu pulau buatan bernama hulhule yang isinya cuma Bandara saja. Untuk keluar dari airport ada beberapa cara

- Ferry ke Male : Ferry menuju kota male terletak di depan bandara domestik. Letak Bandara domestik tidak jauh dari bandara internasional. harga untuk ferry sekitar 15 rufiya

- Bis ke Hulhumale : Bis tersedia hampir setiap 30 - 60 menit sekali menuju hulhumale. ternyata antara hulhumale dan hulhale itu sudah ada jembatan yang menyatukan kedua pulau tersebut. Harga sekitar 16 Rufiyaa

- Seaplane : Untuk yang menginap di resort biasanya mereka menggunakan jasa Seaplane ini. Bandaranya tepat disebelah bandara utama tapi harus menggunakan kendaraan lagi. konternya tepat berada pintu kedatangan internasional. Harganya bervariasi dan yang pastinya mahal tergantung seberapa jauh dan terpencilnya resort. Serunya bandaranya itu berupa lautan!!!!

Bis umum dalam kota
Menurut saya bis ga terlalu berguna dikarenakan luas kota yang tak seberapa dan bisa di akses dengan jalan kaki

Public Ferry
Ini dia transportasi utama di negara ini. Dikarenakan maldives adalah negara kepulauan maka keberadaan kapal tidak bisa dihindari lagi. Terdapat berbagai ferry dengan berbagai tujuan. Di Male sendiri terdapat 2 terminal ferry, terminal menuju hulhumale dan terminal menuju pulau-pulau lain yang letaknya cukup berjauhan satu sama lain. untuk Ferry jurusan Hulhulmale-male hanya di bandrol seharga 5.5 rufiya saja alias 5000 rupiah. murah bukan? Perlu diperhatikan ferry menuju pulau-pulau selain hulhumale, hulhule dan male tidak beroperasi selama hari jumat. jadi itenarinya perlu disesuaikan lagi. http://www.mtcc.com.mv/ adalah situs resmi kementrian transportasi disana jadi kalo mau cari info tentang public ferry bisa diubek-ubek tuh situs.

Public Ferry yang murah banget
Beli Souvenir dan oleh-oleh
Jangan harap menemukan toko-toko yang menjual oleh-oleh...susah pisan! Sekalinya adapun mahal pisan! haha. Hampir semua barang di maldives itu impor kecuali ikan. Tapi kalau tetep pengen cari oleh2 gantungan kunci atau magnet paling gampang ya beli di airport yang harga satuannya minimal 5 USD. mahal!!

Penginapan


Kamar di UI inn
Kini maldives sudah memperbolehkan para independet traveller yang ga nginep di resort. Resort yang harga paling murahnya saja mencapai 400USD per hari ada juga yang harganya lebih dari 2000USD per hari. Nah kalau kita nginep di hotel lokal biasanya dibandrol 30 USD-100USD. Kemaren saya dapet hotel seharga 36 USD di UI inn Hulhumale (Sebaiknya jangan kelamaan tinggal di Hulhumale) meskipun harganya masih mahal tapi dengan harga segini udah dapet private room + wc dalam + makan pagi prasmanan (meskipun menu alakadarnya) + teh sepuasnya.

Sebenernya saya pengen bergelandangan disana tanpa harus booking hotel tapi kata orang-orang, hasil bookingan hotel akan diperiksa di imigrasi padahal ga juga ternyata atau emang pas kesana gaya saya udah kayak bule-bule pantai haha. Untuk amannya, siapkan saja 150 USD x jumlah hari tinggal disana jika tidak memesan hotel sebelumnya.





Makanan halal?
Makanan di maldives halal semua dikarenakan maldives itu negara muslim bahkan mencari minuman beralkohol pun susah.  Harga makanannya ga semahal yang saya kira tapi ini untuk makan ikan ya. Makanan nasi + ikan dibandrol seharga 15-20 rufiyaa. Nah kalu makan ayam atau daging bisa mencapai 40-60 rufiyaa. Orang-orang maldives sangat senang dengan budaya minum teh sore hari jadi setiap sore, restoran atau kios makanan dipenuhi oleh orang-orang yang ngobrolk sambil minum teh. Makanan local biasanya kari tapi karinya cocok untuk lidah indonesia dan pedas!

Aktivitas
Ga banyak aktifitas yang bisa dilakukan di Maldives paling aktivitas Snorkling, Diving dan standar aktivitas di pantai. Menurut saya kota terlalu statis jadi lebih cocok untuk relax saja daripada berpetualang. Yang paling seru itu bisa melihat Whale shark cuma kebanyakan ada di Ari Atoll. Atoll ini agak jauh dari Male.

backpacking, hulhumale, Maldives, male, rufiyaa,

Let's Enjoy Maldives!!!

22 comments:

  1. Wah murah ya mas, ga se jetset yang di bilang "Meldaiyv" itu :D
    kira-kira kalo cewe sendiri, aman ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini temennya pakde tegar ya??? udah ke nepal aja.....maldives mahal...haha

      buat cewe aman2 aja disana.....

      Delete
  2. keren nih..mas..... mau tanya dunk
    - kalau kita jalan ke pulau selain yang disebut diatas bisa ga kalau "ngeteng"(misal ke pulau yg sudah dikuasai oleh resort), kalau bisa untuk makan disana gimana ?
    - untuk provider telpon disana gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. kalau pulau yg udah dikuasai resort bisa make tur lumayan sih sekitar 1 jutaan dan buat 1 hari aja. ada juga pulau lokal. kalo dari male bisa ke harbour yg sebelah selatan. disana banyak kapal2 menuju pulau-pulau lokal. nah dari pulau2 lokal itu juga bisa ke pulau yg lainnya (yang terkenal salah satunya maafushi. kalau mau tau jadwalnya bisa ke http://www.mtcc.com.mv/transportprovince.aspx

      2. Provider disana ada kok. kemaren saya make dhiraagu.

      Delete
  3. salam mas Gunaadi, nggak jadi ikutan turnamen fotonya? itu belum masuk komentarnya :)

    ReplyDelete
  4. Hi, mau tanya donk..
    Kalau kita nginep di hulhumale, boleh ga kita jalan2 d pantai sekitaran male? Dipungut biaya ga? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua pulau di maldives gratis kok ga perlu bayar kecuali pulau2 yang ada resortnya. lagia Male itu ibukotanya jadi bebas kesana.
      Sebenrnya Male cuma ada 1 pantainya dan itu kecil banget bagus nyebrang dikit lagi ke viligili atau ke pulau yang lebih jauh lagi

      Delete
  5. Keren abizz. Ulasannya juga sangat membantu. Cuman mau tanya, bro sendiri inap berapa malam dan dimana saja? Aku rencana mau kesana 4 malam Mei tahun depan sih? Kelamaan tidak ya 4 malamnya? Terus pindah- pindah penginapan sesuai pulau yang kita datangi tau malahan tidak perlu pindah, cukup stay 1 tempat saja, contoh di Hulhumale, terus pagi siang sorenya main ke pulau lain. Mana yang lebih efisien?

    Itu harga kamarnya memang per orang ya?

    Trims ya..
    @ranselahok
    www.ranselahok.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren 4 hari 3 malam. sebaiknya check dulu cuaca saat di bulan mei.

      untuk Male dan Hulhumale 1 malam saja cukup sebenrnya (informasi aja kalo hulhumale itu ga ada apa2) sisanya bisa mampir ke pulau lokal seperti mafusi kalau ada waktu banyak bisa main sampai ke selatan. keterbatasan buat pulau2 yang agak jauh itu di transportasinya yang cuma sehari 1x aja untuk jadwalnya bisa check http://www.mtcc.com.mv/transportprovince.aspx. atau ambil aja paket tour dari hotel tpi lumayan sih harganya hehe

      itu harganya per kamar. 1 kamar cuma bisa diisi 1 orang aja

      Delete
    2. Yuppss, Terima kasih sudah merespon.
      Akhirnya dapat tiket pp dari KL - MALDIVES 2 juta. Sebenarnya prefer dari Singapore, pengen banget liat atol2 yang super keren dari atas pesawat sebelum landing. Dari KL tuh flight malam , jadinya tidak bisa liat apa- apa. Kalo cuaca sih, kabarnya better ya dari DES- APR. So, aku pikir awal Mei tuh masih ok lah. Heheee.. Semoga berjalan lancar yaa..

      Oh berarti, cukup 1 malam di Male, 1 Hulhumale, 1 Maafushi, dsbnya sampai pulang yaa gitu.. hahaha.. tapi lebih kurang dapat gambaran sih..

      Tapi boleh ga, kalao butuh info, masih boleh tanya- tanya?

      Terima kasih

      @ranselahok

      Delete
    3. untuk Mafushi, sbenernya bagus 3 hari 2 malam soalnya waktu itu sy sempet check kapal ke Male-Mafushi nyampenya sore dan Mafushi-Male perginya pagi dan itu cuma ada 1 hari sekali aja kapalnya.

      untuk Male+Viligili island bisa dicover 1 hari aja dari pagi ampe malem soalnya kecil banget pulaunya

      untuk Hulhumale, sbenernya ga perlu diputer2 ini pulau soalnya ga ada apa2. kemaren Hulhumale cuma dijadiin tempat menginap aja

      ada 1 alternatif lain untuk 1 day trip yaitu ambil resort trip atau picnic island trip. biasanya di penginapan ada infonya.

      boleh aja kalo ada pertanyaan lain hehe

      Delete
    4. Noted untuk Hulhumale buat nginap aja pas landing malam disana.
      Dari Male ke Viligili ( maksudnya inap di Viligili gitu? ) atau harus balik lagi ke Male atau dari Viligili bisa langsung ke Mafushi?
      Untuk day trip , noted--
      Padahal masih lama ya.. masih 10 bulan lagi.. hahaha.. sudah repot..

      Terima kasih
      @ranselahok

      Delete
    5. Viligili itu pulal lokal yg deket sama Male cuma 15 menit naik ferry dan ada setiap jam

      Mafushi cuma bisa di akses dari Male

      wah masih lama ya perginya...padahal waktu promo tiger baru beli tiket h-2minggu haha

      Delete
  6. Mas Gun mau nanya...
    kalau cewe pergi sendiri aman kan ya?ga kyk org cengo?aktivitas sebaiknya apa aja ya buat yg sendiri perginya
    ada perempuan yg pake hijab juga ga disana?kalau naik sri lanka airlines promo 7.5 juta PP masih mahal donk ya?dari kemarin masih galau, padahal liburanya cuma tgl 03 s.d 08 Agustus 15, kalau 6 hari 3 malam nginep dimafushi, 3 hari nya lg nginep dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman banget kok buat cewe. disana negara muslim mayoritas cewenya make hijab bahkan di pantai ga boleh berbikini kecuali di pantai resort ato pribadi. mungkin bisa nyanatei2 di kota male nya atau banyak pulau2 lokal lainnya kalo sempat bisa dicoba juga

      Delete
  7. nama pulau lokal d male apa z y selain maafushi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulau lokal banyak banget cuma yang paling accessible ya si mafushi itu

      Delete
  8. salam kenal bro, saya punya rencana ke maldives agustus ini, saya rencana mau stay 3 malam di maafushi tapi di hotel biasa aja, saya mau tanya kalo mau resort trip biayanya brp ya? terus apa bedanya picnic trip sama resort trip? thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantep tuh kemaren saya ga sempet ke Mafushi hehe. resort trip sama picnic trip harganya yang paling murah mirip2 sekitar 1 juta (tergantung resort ato picnic island mana yang kita pilih semakin jauh dari male semakin mahal). Bedanya kalo
      1. resort trip - seharian ke pulau yang ada resortnya
      2. picnic island trip - kita pergi ke pulau kecil yang tak berpenghuni atu disebut juga picnic island termasuk berehenti di sand bank dan liat lumba2

      Delete
  9. Salam Kenal Mas, mau tanya kalo di pelabuhan ferry hulhumale/vilingi ada penitipan keper gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh k mana2 harus bawa2 koper dong yaa ... soalnya flight kita khan malam, rencana mau explore male dulu siang & sore nya, ada masukan gak mas?

      Delete