______ Let's ______

TRAVEL. DIVE. EAT. FLY. WRITE.

_________ Because Everything is Awesome _________

Mount Cook : The highest point of New Zealand

Hari ke 4 dari perjalanan 16 days backpacking through New Zealand and Australia

English I Bahasa Indonesia

Saya mendengar tentang Gunung Cook ketika saya mencari informasi tentang pendaki pertama yang berada di puncak gunung everest. Dia bernama Sir Edmund Hillary, seorang New Zealander. Suatu ketika, i menemukan informasi bahwa dia melatih dirinya di atas gunung cook sebelum menaklukkan everst. Gunung Cook adalah titik tertinggi di New Zealand, 3724 mdpl. Gunung ini berada di dalam Alps sebelah selatan yang mana jajaran pegunungan ini memanjang sepanjang pulau selanatan New Zealand. Sebuah destinasi populer terutama untuk para wisatawan yang gemar naik gunung.Once,

Begitu juga saya, saya hary melatih diri saya sendiri seperti yang Sir Hillary lakukan. Perjalanan saya selanjtnya akan semakin berat utnuk menemukan sinsin yang hilang itu. Sebenarnya saya malas memikirkan tentang cincin itu tapi berdasarkan sumber yang saya dapatkan bahwa pemandangan di gunung Cook itu sangat indah. Inilah alasan saya kenapa mengunjungi gunung Cook.

Tentang Perjalanan

Ini merupakan perjalanan 16 days backpacking through New Zealand and Australia  saya pada akhir November ke Tengah Desember 2015. Ikuti kisah lengkap di setiap kota dengan mengikuti tautan di bawah ini:

Itinerari

• 10:00 - 13:00 :  perjalanan menuju Gunung Cook dengan mobil. Sebenrany ini membutuhkan 2 jam hingga sampai namun kami membutuhkan waktu lebih lama karena sering berhenti . Pemandangan sepanjang jalan benar-benar indah!
    • 13:00  - 17:00 : Trekking di Hooker Valley track. Membutuhkan waktu 3++  untuk menyelesaikan trek ini
    • 17:00 - 22:00 : .Tidak ada yang spesial, cuma berkongkow berasama turis yang lain.
    Transportasi

Transportasi ke sana
    Hanya 2 provider bis yang tersedia untuk rute ini yaitu intercity dan Cook Connection. Saya menggunakan Cook Connection karena harganya lebih murah . Harganya sbesar 60 NZD untuk jalur Tekapo-Cook-Twizel. Info lebih jauh kunjungiI  www.cookconnect.co.nz

Transportasi selama di sana
    Kotanya bahkan lebih kecil daripada Tekapo dan tidaka ada bis umu pastinya. Kamu hanya bisa berjalan kaki atau menebeng orang lain untuk berkeliling di area ini.

Mengapa kamu harus berhenti beberapa kali selama perjalanan dari Tekapo dan Gunung Cook?

beruntung saya bisa bergabung dengan Gino dan Lisa dengan mobil mereka. Mereka adalah Orang australia yang saya kenal ketika di YHA Tekapo. Kami awalnya hanya sekedar bercanda tawa i di dapur namun sekarang kami berpetualang bersama. Saya bahkan sengaja membatalkan kursi di Cook Connection demi menbeng di mobil mereka.

Kami memulai perjalanan jam 10 pagi dan tiba jam 1 siang. Perjalanan sepanjang jalan sangat indah jadi kami seringkali berhenti di beberapa tempat untuk berfoto ria. Selama perjalanan, gunung Cook sangat terlihat mencolok dan tidak ada bukit atau gunung lain yang menghalanginya.

Kebanyakan mobil berhenti 30 menit setelah pertigaan anatar twizel, Cook dan tekapo. Kami pun begitu karena rekomendasi drai Lisa.Semua orang berhenti tepat di atas dataran rata disisi jalan. Tempat itu adalah tempat umum yang bisanya digunakan untuk fotografi.

Akomodasi

Saya tinggal di YHA Mt Cook Hostel. Saya tidak yakin ada hostel lain di sekitar sini. Saya membayar 38 NZD untuk dorrmitori campur . Sama seperti YHA lainnya, Hostel ini sangat bagus baik pelayanan maupun fasilitasnya termasuk dapur dan wifi gratis. Hostel juga menjual beberapa bahan makanan dikarenakan tidak ada supermarket di kota ini. Resepsionis akan tutup sekitar jam 9 malam jadi beli

Tidak ada supermarket
    Tidak ada supermarket di Gunung Cook. Lebih baik membeli bahan makanan selama perjalanan ke Gunung Cook misal di Twizel. Hostel juga menjual beberapa bahan makanan namun tidak lengkap.

Hocker Valley Track

Ada banyak jalur trekking di gunung cook seperti Governors Bush Walk, Kea Point Walk, Glencoe Walk, Hooker Valley Track, Tramping tracks, Ball Pass route and Mt Cook summit Climbing. saya tidak akan menceritakan semua jalur karena saya hanya mencoba jalur Hooker Valley. Hooker Valley bisa dibilang jalur tekking yang paling terkenal disini dan semua orang pasti datang untuk itu. Kamu akan berjalan hingg tempat yang terkenal untuk melihat gunung Cook. Butuh 4 jam untuk menyelesaikan jalur ini. Jalurnya juga sangat mudah karena tidak terlalu banyak tanjakan dan jalan kayu pun sudah tersedia. Toilet juga disediakan disana. Selama perjalanan, saya dimanjakan oleh komposisi yang sempurna antara sungai, gunung, gletser dan tanaman. Semuanya membuat tempat ini begitu indah!

Saya tiba jam 1 siang di Gunung Cook dan kami bertiga menuju langsung ke Hooker valley track.  Saya, Gino dan Lisa memliki ketertarikan yang sama sehingga kami bertiga melakukan trekking bersama-sama. Jalur masuk dari Trek ini cukup  jauh dari kota dan terletak dekat dengan area  holiday park yang mana jaraknya sekitar 30 menit berjalan. Tidak perlu khawatir teman Australia saya ini punya mobil!

Terkadang, saya tidak mengerti dengan mereka karena mereka membawa begitu banyak barang hanya untuk trekking selama 3-4 jam ini saja. Tas mereka terlihat sangat besar. Sedangkan saya? saya cuma membawa tas lipat yang bahkan jika dilipat hanya sebesar gantungan kunci yang mana isinya hanya kamera, jas hujan dan 1 botol air. Saya tidak memiliki makanan namun mereka bawa cukup banyak jadi betapa beruntungnya saya.

Lisa Berjalan sangat cepat sehingga meninggalkan kami berdua. Saya lebih memilih berada dekat Gino karena umurnya bisa dibilang cukup sepuh..mungkin 60++. Meskipun saya tidak paham dengan tingkah laku mereka tapi meraka ayah dan anak yang unik.

Dahulu kala, gletser di gunung Mt Cook sangat luas. Sebuah papan menuliskan betapa ekstensifnya gletser ini zaman dahulu. Isi dari papan tersbut seperti ini
    The rumble and crash of an ever-changing landscape "
    " shhh! Listen! Can you hear the rocks and the snow tumbling down from the mountain above? The rushing water? It is the sound of change-of glaciers retreating and mountain being torn down by water and ice. Signs of change are all around you. A hundred years ago the Mueller Glacier filled the valley floor. You could have walked onto the glacier from near here. Today the glacier is all but hidden up the valley. Glacial ice left behind is still visible at the far end of the lake. Piles of rock rubble (Moraine) dropped by the glacier mark its past extent

Di tengah perjalanan, Lisa merasa tidak enak badan sehingga dia memilih untuk kembali ke mobil. Jadi sekarang tinggal saya dan Gino saja yang melanjutkan perjalanan ini. Tidak lama kami tiba di danau gletser dimana puncak hanya beberapa kilometer saja dari posisi kami di pesisir danau itu. Kami memutuskan untuk berhenti menikmati pemandangan alam yang luar biasa ini. Tersedia meja piknik disana dan beberapa orang sudah memenuhi kursi-kursinya. Saya mengeluarkan satu-satunya air minum yang saya punya sedangkan Gino mengeluarkan banyak makanan mulai dari roti coklat dan bahkan keju dari tas beratnya. Ini artinya makanan gratis!

Saya juga bertemu pasangan kakek nenek dari dataran Cina. saya mencoba berbincang dengan mereka dengan menggunakan bahasa mandari alakadarnya. Terlihat lucu namun mereka sangat senang dengan itu. Alhasil mereka memberikan saya roti. Makanan gratis lagi!

Another New friends again

Sangat disayangkan, saya harus berpisah dengan Gino dan Lisa. Mereka harus melanjutkan perjalanan mereka hingga Queenstown. Terima kasih banyak! Lalu bagaimana dengan nasib saya? saya memilih tinggal sehari di kota. Meskipun demikian, saya bertemu teman baru lagi yaitu Anna dari Jepang dan Bib dari Thailand. Sebenranya saya melihat mereka di YHA Tekapo namun saya tidak tahu bagaimana saya memulai perbincangan dengan mereka nanti malah dikira om om hidung belang. haha. Sekarang berbeda. Ternyata kami bertiga berada di dormitory yang sama dan sekarang saya tau yopik apa yang akan saya gunakan untuk memulai perkenalan. "Saya melihat kalian di Tekapo!". Cara jenius untuk memulai percakapan.